08.00 - 21.00 WIB
08128-752-7777
7EB21771
08128-752-7777
investasiilmuku@gmail.com
Jumlah = pcs
Keranjang

MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KECERDASAN ANAK MELALUI BERMAIN

Wednesday, January 21st 2015.

Namun permainan seperti apa yang membuat anak benar-benar bisa belajar? Anak yang bermain rumah-rumahan sendiri, berbicara sendiri di dalam “kandang (rumah)” yang dibuatnya lalu tanpa sengaja rumah-rumahannya ambruk karena strukturnya kurang kuat, dan si anak marah-marah yang memicu kemarahan orangtuanya dan akhirnya anak dan Ibu saling melempar kemarahan. Apakah yang seperti ini disebut belajar dan meningkatkan kreativitas?

Anak bermain balok, lalu balok yang dibuatnya disusun tinggi-tinggi, karena anak tidak memahami makna fondasi yang kokoh akhirnya baloknya ambruk lalu si anak menangis dan sang Ibu marah besar dan mengatakan, “Berhenti main balok. Bikin rebut dan kotor saja.” Apakah ini yang disebut bermain yang meningkatkan kreativitas?

Peran orangtua sangat penting dalam membangun kreativitas anak. Anak masih perlu dididik, bahkan dibimbing ketika bermain agar mereka belajar menyelesaikan masalah. Sebagai contoh menyusun balok, anak perlu diajari bagaimana membangun struktur yang kokoh dan membantu menenangkan perasaannya ketika marah-marah disebabkan tidak bisa menyusun balok-balok itu.

Menurut penelitian, orangtua yang bersifat “mengekang” anak ketika mereka ingin mengeksplorasi dunianya, akan mengakibatkan bayi dan batita mudah terganggu perhatiannya, tidak cakap bermain, dan nilai kecerdasannya buruk. Apa yang membantu pertumbuhan kecerdasan mereka adalah dengan mengakui cara mereka yang kekanak-kanakan untuk menikmati dunia dan membantu mereka bermain bola, balok, dll. Orangtua yang kurang peduli terhadap perkembangan anak dan merasa tidak punya waktu menemani mereka bermain meskipun hanya 15 menit setiap harinya, akan membuat anak terhambat perkembangannya.

Demikian juga ketika Anda bermain ABACA dengan putra Anda. Pahamilah dunia mereka. Jangan terlalu berharap melebihi kemampuan yang dimilikinya. Bimbinglah sang anak meski hanya 10 atau 15 menit per hari. Waktu Anda sangat berarti bagi anak Anda. Jika anak Anda sudah banyak menguasai Bahasa Indonesia di usia 2 tahun, dan bisa menyusun kalimat komplit dalam Bahasa Indonesia (susunan Bahasa Indonesia dalam percakapan sudah lengkap mencakup subyek + predikat + obyek) maka bisa mulai dikenalkan ABACA English series. Akan tetapi jika kemampuan Bahasa Indonesia masih kurang dan belum bisa membuat kalimat lengkap, maka belum saatnya Anda mengenalkan Bahasa asing di usia 2 tahun. Lebih baik menundanya sampai anak bisa berbahasa Indonesia dengan susunan atau struktur kalimat yang lengkap.

Dalam bermain ABACA bersabarlah mendampingi putra dan putri Bunda, karena perkembangan setiap anak itu berbeda. Seorang anak yang bisa menguasai grammar sederhana ABACA di usia 2 tahun, belum tentu anak lain sanggup mencapai target yang sama. Oleh karena itu, pahami perkembangan putra dan putri Anda dan fokuslah pada proses permainan ABACA. Bagaimana rasanya berjualan kue bersama anak tetapi menggunakan dialog Bahasa Inggris? Seru bukan? Meskipun anak Anda mengucapkan Bahasa Inggris dengan bunyi masih cadel, misal “a dool (maksudnya a door), a cel (maksudnya a chair), dll), jangan lantas dijadikan permasalahan yang menghentikan proses permainan. Nikmatilah proses bermain ini dengan tanpa beban bersama putri atau putra Anda.

Inilah yang dilakukan oleh Ibu Nunk e Jannah terhadap putrinya yang ketika sejak 2 tahun sudah mengenalkan Bahasa Inggris. Jangan mengharapkan kesempurnaan, agar Bahasa mereka terus berkembang bimbinglah sang anak langkah demi langkah dan apresiasilah kemajuan kecil yang dibuatnya. Misal anak hanya bisa menghafal 4 kartu pada pertama kali permainan maka tidak masalah, yang penting mereka menikmati permainan. Dan meskipun sang anak tidak dapat mengucapkan secara fasih, maka jangan jadikan masalah. Bimbinglah anak Anda agar perkembangannya optimal. Dengan pemahaman terhadap karakter anak, menjadikan proses bermain jual beli kue menjadi menyenangkan meskipun menggunakan dialog berbahasa Inggris sederhana.

Simak testimony Ibu Nunk E Jannah, seorang agen ABACA yang sukses membuat putrinya lulus ABACA Bahasa Inggris ketika masih berusia dini. Simak pula testimony dari putranya customer seorang agen dari Kendal, mba Nur Widiasari yang bangun tidur pun minta bermain ABACA.

ABACA lebih menekankan sisi bermain daripada belajar, jadi bukan hasil yang lebih ditonjolkan meskipun pada akhirnya anak menjadi meningkat progresnya disebabkan pembimbingnya luar biasa.

Ayo perbanyak permainan dan bimbingan, agar perkembangan anak menjadi optimal. Jangan fokus pada hasil namun nikmati saja prosesnya smile emotikon

Terima kasih saya ucapkan kepada agen ABACA Flashcard Bunda Nunk E Jannah yang telah memberikan testimoninya dan Bunda Nur Widiasari atas testimoni customernya.

Simak testimony keren berikut,

Semoga terinspirasi
Diena Ulfaty
Produsen, Owner dan Penemu ABACA Flashcard.

DAPATKAN ABACA FLASHCARD ALL SERIES DI SEMUA AGEN DAN DISTRIBUTOR RESMI ABACA FLASHCARD

Bermain Abaca Flashcard dapat meningkatkan kreativitas anak lhooo...Berani mencoba ?

Bermain Abaca Flashcard dapat meningkatkan kreativitas anak lhooo…Berani mencoba ?

best
Rp 45.500
best
Rp 45.500